TKPPA Gelar Rapat Kerja Diskusi Kebijakan Pendidikan Aceh

Kategori : Government Selasa, 13 Januari 2015

Banda Aceh – Tim Managing Group (MG) dari Tim Koordinasi Pembangunan Pendidikan di Aceh (TKPPA) menggelar rapat kerja pada hari Jumat dan Sabtu, 26 dan 27 September 2014 di Sabang. Rapat ini bertujuan untuk mereviu temuan awal hasil penelitian serta beberapa opsi kebijakan yang diajukan oleh tim Penelitian Kebijakan Pendidikan di Aceh. Opsi kebijakan ini merupakan hasil dari analisa terhadap temuan awal dari survei lapangan yang telah selesai dilakukan beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut tim peneliti melakukan konsultasi awal dengan Pemerintah Aceh tentang temuan-temuan di lapangan dan bersama-sama mengidentifikasikan opsi-opsi kebijakan yang sekiranya sesuai serta dapat diterapkan. Rapat dipimpin oleh bapak Azhari Hasan, Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Aceh yang sekaligus merupakan ketua TKPPA dan diikuti oleh para anggota MG yang merupakan pemangku kepentingan dari dinas terkait seperti DInas Pendidikan, Majelis Pendidikan Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kanwil Kementerian Agama serta Biro Hukum.

Dalam rapat tersebut juga dibahas mengenai persiapan penyelenggaraan lokakarya diseminasi hasil akhir penelitian yang akan mengundang seluruh kepala daerah di Provinsi Aceh. Workshop diseminasi hasil tingkat propinsi rencananya akan diadakan di Banda Aceh pada akhir Oktober 2014.

Penelitian Kebijakan Pendidikan di Aceh terdiri dari tiga studi, yaitu:

  1. Meningkatkan kualitas dan relevansi sekolah menengah kejuruan (SMK) di Aceh;
  2. Meningkatkan perencanaan dan manajemen tenaga guru di Aceh;
  3. Evaluasi penggunaan dana otonomi khusus dan dana migas untuk pendidikan di Aceh.

Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan rekomendasi yang berbasis data kepada Pemerintah Aceh dalam melaksanakan pembangunan dan reformasi pendidikan.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32